Sang-rajawali.blogspot.com

Situs personal yang memuat artikel tentang seni, budaya, filsafat, religi, humaniora, mistik, politik, teknologi, free-stuff.
Kirimkan artikel/iklan anda ke : admin.sang-rajawali.blogspot.com. Artikel yang sesuai dengan konten blog ini akan diseleksi dan dimuat di blog ini sesuai katagorinya. Untuk pemasangan iklan private pada "banner jin" akan dimuat setelah kiriman di-approve oleh admin.

Iklan 125 X 125

Iklan 125 X 125

Iklan 125 X 125

My Little Family

My Little Family
Aku - Nurlita Dyah Asmarani - Shourraya Callista (2th)

11 March 2009

Penjadwalan Pengajaran dengan Borland C++

Ringkasan Penelitian (Penelitian Mandiri - th. 2002)
Judul Lengkap :
Pembuatan Program Aplikasi untuk Pengalokasian Jadwal Pengajaran dengan Blocking System menggunakan Borland C++
Achmad Fanany Onnilita Gaffar
Jurusan Teknik Elektro – Politeknik Negeri Samarinda
Samarinda – Kalimantan Timur - Indonesia


Abstrak
Pengalokasian jadwal pengajaran bisa dimungkinkan dengan menggunakan sistem blok dimana satu semester dibagi menjadi dua rotasi, rotasi1 dan rotasi 2. Sistem ini digunakan untuk mengantisipasi keterbatasan sumber daya yang ada. Konsekuensi dari penggunaan sistem ini adalah pada setiap awal semester akan selalu terjadi revisi jadwal pengajaran beberapa kali sampai dicapai kondisi tidak lagi terjadi “tabrakan jadwal”. Algoritma Heuristic Search dengan teknik Generate and Test digunakan untuk menyelesaikan problem ini. Program aplikasi dibangun dengan menggunakan Borland C++, dibuat dengan tujuan untuk dapat membantu dalam hal memberikan “Schedule draft” untuk penjadwalan pengajaran sesuai dengan standar tepat waktu, tepat ukuran, tepat sasaran. Program aplikasi ini sekaligus memberikan indikator terhadap beberapa alokasi yang memang “tidak mungkin” dilakukan bila mengacu pada standar tepat waktu, tepat ukuran, tepat sasaran.

Pendahuluan
Jadwal pengajaran di Jurusan Teknik Elektro sampai dengan saat ini masih menggunakan Blocking System, yaitu membagi satu semester menjadi dua blok (rotasi), yaitu rotasi 1 dan rotasi 2. Penggunaan sistem ini dilakukan dengan alasan sebagai berikut :
  • Terbatasnya ruang kelas, ruang praktek, dan peralatan praktek.
  • Terbatasnya jumlah pengajar dilihat dari klasifikasi kompetensi keahlian yang dimiliki dibandingkan dengan kurikulum yang diberlakukan.
  • Target waktu perkuliahan satu semester yang hanya 16 minggu efektif.
Konsekuensi dari penggunaan sistem ini adalah pada setiap awal semester akan selalu terjadi revisi jadwal pengajaran beberapa kali sampai dicapai kondisi tidak lagi terjadi “tabrakan jadwal”. Program aplikasi yang dibuat digunakan untuk membantu mempermudah bagian administrasi jurusan untuk melakukan penjadwalan pengajaran dengan baik, tepat waktu, tepat aturan, dan tepat sasaran.

Algoritma yang digunakan untuk problem solving-nya adalah Heuristic Search dengan teknik Generate & Test.

Heuristic Search : Generate and Test
Heuristic Search adalah salah satu metode pelacakan yang banyak digunakan. Terdapat 4 (empat) jenis pelacakan heuristic salah satunya adalah Generate and Test.
Prinsip teknik ini merupakan gabungan antara depth-first search dengan backtracking (pelacakan mundur), yaitu bergerak menuju suatu keadaan awal. Nilai pengujian berupa jawaban “ya” atau “tidak”.
Algoritma :
  • Bangkitkan suatu kemungkinan solusi (membangkitkan suatu titik tertentu atau lintasan tertentu dari keadaan awal).
  • Uji untuk melihat apakah node tersebut benar-benar merupakan solusi dengan cara membandingkan node tersebut (node akhir dari suatu lintasan yang dipilih) dengan kumpulan tujuan yang diharapkan.
  • Jika solusi ditemukan, berhenti. Jika tidak, ulang kembali langkah pertama.
Contoh : Alokasi pengajaran Bpk Onny dengan jumlah jam 15 jam pertemuan
Bpk. Onny memegang beberapa mata kuliah dengan total jam pertemuan 15. Akan dicari bagaimana mengalokasi waktu pengajaran untuk Bpk. Onny dengan kemungkinan ketersediaan waktu seperti yang terlihat pada gambar berikut.





Hari Senin tersedia 2 jam, Selasa : 4 jam, Rabu : 7 jam, Kamis : 5 jam. Bila pengajaran dialokasikan pada hari Senin dan Selasa maka akan tersedia 7 jam. Demikian seterusnya. Rata-ratanya adalah (2+4+7+5)/4 = 4.5.
Di sini penyelesaian dengan menggunakan generate & test dilakukan dengan membangkitkan solusi-solusi seperti demikian (dengan acuan jumlah) :
  • Senin – Selasa – Rabu - Kamis = 6 + 9 + 12 = 28 -4.5 = 23.5
  • Senin – Rabu - Kamis = 7 + 12 = 19 -4.5 = 14.5
  • Senin – Selasa - Kamis = 6 + 11 = 17 -4.5 = 12.5
  • Selasa – Rabu - Kamis = 9 + 12 = 21 -4.5 = 16.5
  • dan seterusnya
Terlihat bahwa yang paling mendekati adalah jalur Selasa – Rabu – Kamis (16.5).

Desain dan Pembuatan
Untuk kasus penjadwalan pengajaran di atas yang perlu diperhatikan adalah :
  • Hari pengajaran efektif : Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu.
  • Jam pengajaran efektif : jam ke-1, ke-2, ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7, ke-8.
  • Waktu istirahat : antara jam ke-2 dan ke-3, antara jam ke-5 dan ke-6.
  • Jam efektif mengajar : minimal 2 jam, maksimal 4 jam.
  • Jumlah mata kuliah dalam satu semester.
  • Jumlah ruang kelas aktif dalam satu semester.
  • Jumlah angkatan mahasiswa dalam satu semester.
  • Jumlah kelas per angkatan mahasiswa dalam satu semester.
  • Jumlah pengajar efektif sesuai kompetensi keahlian dalam satu semester.
Dengan domain kasus seperti di atas maka tahap-tahap yang dilakukan adalah :
  • Merancang tabel basis data berdasarkan katagori : waktu, kelas, pengajar, mata kuliah.
  • Merancang tabel relasi untuk table-tabel di atas berdasarkan domain kasus di atas.
  • Membangun basis data dengan tools yang telah disediakan oleh Borland C++.
  • Mengimplementasikan algoritma heuristic search : Generate and Test dengan program aplikasi (menggunakan Borland C++).
  • Menyediakan fasilitas program untuk pengaturan inisialisasi sistem untuk domain spesifik, seperti setting hari libur, penentuan jadwal tetap untuk pengajar tertentu, dll.
  • Melakukan pengujian program.
Hasil akhir
  • Program aplikasi ini cukup membantu dalam hal memberikan “Schedule draft” untuk penjadwalan pengajaran sesuai dengan standar tepat waktu, tepat ukuran, tepat sasaran.
  • Program aplikasi ini sekaligus memberikan indikator terhadap beberapa alokasi yang memang “tidak mungkin” dilakukan bila mengacu pada standar tepat waktu, tepat ukuran, tepat sasaran.

Referensi
  1. Brian W. Kernighan & Dennis M. Ritchie,”The C Programming Language“, Second Edition, Prentice Hall Software Series, 1976.
  2. Bjarne Stroustrup, “The C++ Programming Language”, Third Edition, AT&T Labs, Murray Hill, New Jersey, 1997.
  3. Herbert Schildt,“C++ : The Complete Reference”, Third Edition, Osborne McGraw-Hill, 1998.
  4. Nell Dale, C++ and Data Structure, Third Edition,University of Texas, Austin1999.
  5. Robert L. Woods and Kent L. Lawrence, Modeling and Simulation of Dynamic Systems, Prentice Hall, 1997


Bagi yang berminat dengan ringkasan penelitian ini hubungi admin.sang-rajawali.blogspot.com.




1 komentar:

Anonymous berkomentar :

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/35.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/35.gif

Beri Komentar

 

Public Ads Info

PT. Reyvita Salsabila. Agen perjalanan untuk ONH Plus, domestik, dan luar negeri. Kantor pusat Jl. A. Wahab Syahrani - Samarinda - Kalimantan Timur. Contact Person : Syafii Jafar (08125523874).

In house Training. Komunitas Pengembangan Teknologi - Polnes telah membuka in house training untuk beberapa paket : Instrumentasi, Interface Programming, Microprocessor, C++ and Assemby Programming. Contact person : Supriadi, SST (081347543575), Agusma W, SST (081350092747), Arif Bram, SST (081347023452).

Kumpulblogger.com Ads Info

Terawangan (percaya atau tidak)

Petarung Linglung.06 Maret 2009, 15:28 PM. Arena pertarungan adalah tempat favoritnya. Senjata adalah mainannya. Berbagai jurus adalah makanannya. Segala bentuk kanuragan dan ilmu kedigdayaan habis tuntas dirampas.Si petarung sekarang merasa telah mencapai titik puncak kejayaan. Nun jauh di sana, sang waktu sedang menanti bertemunya para pemuja petarung dengan orang-orang yang terbantai, bertempurnya dua kekuatan. Puncak kemenangan dan puncak gundah gulana teraniaya. Wallahu a'lam. (sumber : dirahasiakan).

Pemicu sudah tercipta.Maha Besar Allah. Akhirnya pemicu terjadinya takdir-Nya ternyata ditimbulkan dari orang-orang yang memang akan "dimusnahkan"-Nya, bukan dari para pejuang kebenaran. Tunggu saja dan waspada terhadap kaum munafik. Sabar adalah kunci, istiqomah adalah pelindung. (sumber : dirahasiakan).

"Huru-hara besar".Sekitar bulan ketiga tahun 2009 akan terjadi huru-hara besar yang menjadi awal dari huru-hara yang lebih besar lagi. (sumber : dirahasiakan).

Kursi Panas.“Kursi-kursi” yang ada di seantero bumi Nusantara sekarang ini telah banyak yang meningkat suhunya. Entah disengaja atau tidak, setiap orang yang melihat menjadi “enggan”, setiap orang yang duduk di sana menjadi “panas” dan menimbulkan energi “panas” di sekitarnya. Waspada bagi yang melihat, segera introspeksi yang sedang duduk di sana. (sumber : dirahasiakan).

Injury Time.Layaknya permainan sepak bola, sekarang ini sedang berlangsung “injury time” bagi yang sedang “berkuasa” atau yang sedang “menguasai lapangan pemainan”. Semoga “injury time” ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi “semua tim”. Tetapi perlu diwaspadai, event “suddent death” bisa terjadi setiap saat. (sumber : dirahasiakan).

"Rudal nyasar".Tidak selamanya alat “pelacak panas” yang terpasang di setiap “rudal” dapat berfungsi dengan baik. Ada kalanya oleh karena sesuatu dan lain hal, bisa terjadi peristiwa “rudal nyasar”. Bisa dipastikan peristiwa “rudal nyasar” akan berakibat buruk bagi target yang sesungguhnya bukan target. Perlu diwaspadai : “yang dianggap salah belum tentu salah, yang merasa benar sudah pasti tidak benar”. “Rudal nyasar” kebanyakan terjadi oleh karena salah menterjemahkan kata “benar dan salah”. (sumber : dirahasiakan).

Conteng saya.Sekarang ini, langit telah dipenuhi oleh do’a-do’a yang pada intinya bermakna “conteng saya” yang bertarung dengan kemurnian do’a orang-orang yang teraniaya. Do’a-do’a yang bermakna “conteng saya” tetap akan berjaya selama “injury time”. (sumber : dirahasiakan).

Satria emas berkuda putih.Akan datang “satria emas berkuda putih” dengan membawa “seribu pasukan langit” yang tidak tampak bagi hati yang “tertutup nafsu”. Kedatangannya disebabkan oleh “gudang langit” yang sudah tidak mampu lagi menampung do’a orang-orang yang teraniaya. (sumber : dirahasiakan).

Pengikut

Komentar Terbaru

sang-rajawali.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Fully redesigned template by Onny Gaffar | or please Contact Me