Sang-rajawali.blogspot.com

Situs personal yang memuat artikel tentang seni, budaya, filsafat, religi, humaniora, mistik, politik, teknologi, free-stuff.
Kirimkan artikel/iklan anda ke : admin.sang-rajawali.blogspot.com. Artikel yang sesuai dengan konten blog ini akan diseleksi dan dimuat di blog ini sesuai katagorinya. Untuk pemasangan iklan private pada "banner jin" akan dimuat setelah kiriman di-approve oleh admin.

Iklan 125 X 125

Iklan 125 X 125

Iklan 125 X 125

My Little Family

My Little Family
Aku - Nurlita Dyah Asmarani - Shourraya Callista (2th)

24 March 2009

Potensi alam pikiran bawah sadar manusia

Potensi terbesar dalam diri manusia adalah terletak pada pikiran. Sayangnya kita jarang sekali menyempatkan waktu untuk membuktikannya. Pada umumnya manusia lebih menikmati berada atau bahkan terjebak pada zona kebiasaan atau rutinitas. Naluri untuk beranjak dari satu keadaan ke keadaan lain yang lebih baik sering kali disepelekan bahkan sebagian orang dengan sengaja untuk mematikannya. Padahal naluri untuk berpindah ke keadaan yang lebih baik itulah yang sesungguhnya akan merangsang potensi alam pikiran bawah sadar manusia hingga sampai pada batas yang sangat menakjubkan.

Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel di sini, naluri adalah merupakan wujud potensi otak kiri manusia yang jika dipadu dengan baik bersama logika yang merupakan wujud potensi otak kanan, akan selalu menghasilkan hal-hal baru yang menakjubkan.
Naluri untuk berpindah ke keadaan yang lebih baik akan memicu alam pikiran bawah sadar kita untuk secara adaptif menciptakan target capaian dari keadaan baru yang diharapkan. Dari target capaian inilah nantinya secara adaptif dan dinamis akan memicu seluruh potensi alam pikiran kita untuk menciptakan langkah-langkah yang harus dilakukan. Sebagai implementasinya adalah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif yang dikerjakan berulang-ulang hingga tanpa disadari akan banyak melakukan hal-hal baru yang membawa kita ke zona baru, dimana kita berhasil mencapai target yang didambakan.

Uraian di atas adalah merupakan gambaran betapa dahsyatnya potensi alam pikiran bawah sadar manusia bila dibangkitkan dan dieksplorasi dengan baik dan benar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.


AUTOSUGGESTION
Keinginan, hasrat atau yang sejenisnya adalah merupakan informasi penting yang terletak pada alam pikiran bawah sadar. Suatu keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar akan dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan seluruh unsur diri untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion.

Autosuggestion adalah berupa kata atau sekumpulan kata yang ditanam secara berulang-ulang dalam pikiran. Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Sebagai contohnya, secara alamiah setiap manusia pastilah berkeinginan untuk selalu berada dalam kondisi yang fit dan tidak kurang sesuatupun. Keinginan ini tertanam kuat di alam pikiran bawah sadar. Tiba-tiba suatu saat manusia berada dalam situasi yang sangat membahayakan dirinya maka secara refleks seluruh unsur dirinya akan melakukan suatu tindakan demi keselamatan dirinya, tanpa disadari sebelumnya. Inilah salah satu buktinya.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heart-knock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat yang akan terakumulasi menjadi sekumpulan energi yang berpotensi besar. Energi inilah nantinya yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita.

Autosuggestion adalah salah satu cara untuk mengubah dan memperbaiki diri dari dalam. Dengan membiasakan pancaindera untuk menangkap pola-pola positif dan seluruh anggota tubuh dikondisikan untuk melakukan tindakan-tindakan yang konstruktif, maka sesungguhnya manusia sudah menuju ke “budidaya potensi diri” dengan autosuggestion. Di situlah akan tercipta secara unik wujud dari optimis, kreatif, inovatif.

Kiat-kiat melakukan autosuggestion :

  1. Positive.
    Pikirkan hal-hal yang positif saja. Pikiran positif akan memicu seluruh pancaindera untuk menangkap pola-pola positif. Pola-pola positif inilah nantinya yang akan menjadi bahan baku bagi pembangkitan energi positif yang lain.

  2. Powerful.
    Lakukan dengan penuh keyakinan dengan suggesti PASTI BISA.

  3. Precise.
    Keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun pola baru berdasarkan pola-pola yang jelas. Dalam hal ini, autosuggestion mengubah kesan ketidakpastian menjadi pasti melalui deskripsi pola yang jelas.

  4. Present Tense.
    Autosuggstion diterapkan untuk pola keinginan saat ini, bukan keinginan masa lalu atau akan datang. Dalam deskripsi kata sugesti bisa diilustrasikan sebagai SEKARANG BUKAN KEMARIN. BESOK HARUS SEKARANG.

  5. Personal.
    Perubahan positif harus dilakukan terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

VISUALIZATION
Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang diinginkan itu. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it” (Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya).
Sesuatu yang selalu divisualisasikan akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Hasil visualisasi ini bila diperkuat akan menjadi potensi besar yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh, yang akan menggerakkan seluruh potensi diri yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh kekuatan pikiran bawah sadar.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian.

Kiat-kiat melakukan visualisasi
  1. Mendefinisikan impian.
    Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau gambaran akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.

  2. Menentukan target waktu.
    Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang. Be the best, do the best, and then let God take care the rest (Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan).

  3. Melakukan berulang-ulang.
    Melakukan berulang artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif dan inovatif.

Impian yang sering diimajinasikan (divisualisasikan) akan melipatgandakan kekuatan alam pikiran bawah sadar.
Imajinasi yang diulang-ulang akan merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa.
Ilusi yang muncul dari proses ini akan memicu energi semangat yang luar biasa untuk berusaha keras mencapainya.
Siklus ini akan berulang terus menerus hingga perubahan besar terjadi dalam diri suatu saat nanti.


Waspadalah ....!!!
Ilusi yang tercipta dari sebuah impian, keinginan, atau harapan, bukanlah untuk dinikmati dalam zona ”bayang-bayang” atau ”angan-angan kosong”. Bila ini dilakukan maka yang terjadi adalah sebaliknya. Energi semangat yang seharusnya untuk memicu tindakan usaha keras untuk mencapainya, akan terjebak di zona ”bayang-bayang” atau ”angan-angan kosong”. Jadilah manusia pemimpi. Hanya menikmati perubahan keadaan yang lebih baik di alam mimpi saja. Padahal yang dinikmatinya hanyalah ilusi yang diciptakan oleh dirinya sendiri.



Be your self…….!!!

Wallahu a’lam bissawaab. doa



7 komentar:

aroengbinang berkomentar :

Pikir, hati, jiwa dan raga sesungguhnya sama-sama memiliki potensi pengembangan yang tak terbatas.

Setiap orang memiliki kecenderungan kuat terhadap salah satu dari keempat dimensi itu, yang jika ia tekuni maka hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan jika mengembangkan dimensi yang lain.

Mas Don berkomentar :

Sip banget nih. Setujuuu ....

outbound training malang berkomentar :

kunjungan sob ..
mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
"ada kalanya cahaya dalam hidup kita padam namun di nyalakan kembali oleh seseorang.
setiap dari kita berutang terima kasih yang terdalam bagi mereka yang menyalakan kembali cahaya kita."
kunjungan balik ya sob .. :)

janenurjanah berkomentar :

Dengan penuh rasa hormat saya ingin menanyakan pernyataan agan di awal paragraf kedua :

"...Naluri adalah wujud potensi otak kiri....Logika adalah wujud potensi otak kanan...".

Maaf, apakah itu tidak terbalik, Naluri, kreatifitas, seni, dsb adalah wujud potensi otak kanan sedangkan logika adalah wujud potensi otak kiri?.

CMIIW...

Anonymous berkomentar :

I pay a quick visit day-to-day some blogs and information sites to read content, but this web site gives quality based posts.


my web-site - supra vaiders

Tokopenjual berkomentar :

terimakasih kiat-kiatnya supaya menjadi orang yang lebih baik ..

cynthia chaniago berkomentar :


situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
nice post....
article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
maju terus sob,,,
kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

Beri Komentar

 

Public Ads Info

PT. Reyvita Salsabila. Agen perjalanan untuk ONH Plus, domestik, dan luar negeri. Kantor pusat Jl. A. Wahab Syahrani - Samarinda - Kalimantan Timur. Contact Person : Syafii Jafar (08125523874).

In house Training. Komunitas Pengembangan Teknologi - Polnes telah membuka in house training untuk beberapa paket : Instrumentasi, Interface Programming, Microprocessor, C++ and Assemby Programming. Contact person : Supriadi, SST (081347543575), Agusma W, SST (081350092747), Arif Bram, SST (081347023452).

Kumpulblogger.com Ads Info

Terawangan (percaya atau tidak)

Petarung Linglung.06 Maret 2009, 15:28 PM. Arena pertarungan adalah tempat favoritnya. Senjata adalah mainannya. Berbagai jurus adalah makanannya. Segala bentuk kanuragan dan ilmu kedigdayaan habis tuntas dirampas.Si petarung sekarang merasa telah mencapai titik puncak kejayaan. Nun jauh di sana, sang waktu sedang menanti bertemunya para pemuja petarung dengan orang-orang yang terbantai, bertempurnya dua kekuatan. Puncak kemenangan dan puncak gundah gulana teraniaya. Wallahu a'lam. (sumber : dirahasiakan).

Pemicu sudah tercipta.Maha Besar Allah. Akhirnya pemicu terjadinya takdir-Nya ternyata ditimbulkan dari orang-orang yang memang akan "dimusnahkan"-Nya, bukan dari para pejuang kebenaran. Tunggu saja dan waspada terhadap kaum munafik. Sabar adalah kunci, istiqomah adalah pelindung. (sumber : dirahasiakan).

"Huru-hara besar".Sekitar bulan ketiga tahun 2009 akan terjadi huru-hara besar yang menjadi awal dari huru-hara yang lebih besar lagi. (sumber : dirahasiakan).

Kursi Panas.“Kursi-kursi” yang ada di seantero bumi Nusantara sekarang ini telah banyak yang meningkat suhunya. Entah disengaja atau tidak, setiap orang yang melihat menjadi “enggan”, setiap orang yang duduk di sana menjadi “panas” dan menimbulkan energi “panas” di sekitarnya. Waspada bagi yang melihat, segera introspeksi yang sedang duduk di sana. (sumber : dirahasiakan).

Injury Time.Layaknya permainan sepak bola, sekarang ini sedang berlangsung “injury time” bagi yang sedang “berkuasa” atau yang sedang “menguasai lapangan pemainan”. Semoga “injury time” ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi “semua tim”. Tetapi perlu diwaspadai, event “suddent death” bisa terjadi setiap saat. (sumber : dirahasiakan).

"Rudal nyasar".Tidak selamanya alat “pelacak panas” yang terpasang di setiap “rudal” dapat berfungsi dengan baik. Ada kalanya oleh karena sesuatu dan lain hal, bisa terjadi peristiwa “rudal nyasar”. Bisa dipastikan peristiwa “rudal nyasar” akan berakibat buruk bagi target yang sesungguhnya bukan target. Perlu diwaspadai : “yang dianggap salah belum tentu salah, yang merasa benar sudah pasti tidak benar”. “Rudal nyasar” kebanyakan terjadi oleh karena salah menterjemahkan kata “benar dan salah”. (sumber : dirahasiakan).

Conteng saya.Sekarang ini, langit telah dipenuhi oleh do’a-do’a yang pada intinya bermakna “conteng saya” yang bertarung dengan kemurnian do’a orang-orang yang teraniaya. Do’a-do’a yang bermakna “conteng saya” tetap akan berjaya selama “injury time”. (sumber : dirahasiakan).

Satria emas berkuda putih.Akan datang “satria emas berkuda putih” dengan membawa “seribu pasukan langit” yang tidak tampak bagi hati yang “tertutup nafsu”. Kedatangannya disebabkan oleh “gudang langit” yang sudah tidak mampu lagi menampung do’a orang-orang yang teraniaya. (sumber : dirahasiakan).

Pengikut

Komentar Terbaru

sang-rajawali.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Fully redesigned template by Onny Gaffar | or please Contact Me